Jokowi Yakin Tahun Depan Sektor Pariwisata Akan Booming

Jokowi  Yakin Tahun Depan Sektor Pariwisata Akan Booming

Iniriau.com, JAKARTA - Di tengah Pandemi COVID-19, pemerintah berupaya memberikan berbagai stimulus untuk melindungi perekonomian Indonesia.  Termasuk juga di sektor pariwisata yang sungguh terdampak oleh waban virus corona.

Presiden Jokowi menekankan, stimulus yang diberikan pemerintah harus membuat industri pariwisata di Indonesia bertahan di tengah pandemi. Selain itu, Jokowi yakin pada akhir tahun sektor pariwisata akan kembali tumbuh.

"Saya meyakini ini hanya sampai pada akhir tahun. Tahun depan akan terjadi booming di bidang pariwisata," kata Jokowi dalam ratas Mitigasi Dampak COVID-19 Terhadap Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara virtual, Kamis (16/4).

Jokowi menjelaskan keadaan sekarang membuat semua orang menahan diri. Mereka enggan berwisata ke berbagai lokasi di Indonesia. Namun, saat pandemi berakhir, orang-orang pasti akan berwisata. Hal ini pasti berujung pada lonjakan di sektor pariwisata.

Presiden Joko Widodo mengikuti KTT ASEAN Plus Three secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (14/4/2020). Foto: ANTARA FOTO/Biro Pers - Lukas
Dia meminta jajarannya agar bisa memanfaatkan kesempatan itu demi memulihkan kembali industri pariwisata di Indonesia.

"Semua orang pengin keluar, semua orang pengin menikmati keindahan-keindahan yang ada di wilayah yang ada pariwisatanya. Sehingga optimisme itu yang terus harus diangkat," ujarnya.

"Jangan sampai kita terjebak pada pesimisme karena masalah COVID ini, sehingga booming yang akan muncul setelah COVID ini selesai tidak bisa kita manfaatkan secara baik," tambahnya.

Sebelumnya, Jokowi memberikan 3 arahan untuk menyelamatkan sektor pariwisata Indonesia di tengah wabah corona. 3 arahan tersebut yaitu:

1. Pogram perlindungan sosial bagi pekerja di sektor pariwisata betul-betul harus dipastikan ada dan sampai pada sasaran.
2. Realokasi anggaran yang ada dari Kemenpar harus diarahkan ke arah semacam semacam program padat karya bagi pekerja yang bergerak di bidang pariwisata ini.
3. Penyiapan stimulus ekonomi bagi para pelaku usaha di sektor usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif harus betul-betul dilakukan agar mereka bertahan dan tidak melakukan PHK secara besar-besaran.

Sumber: Kumparan

Berita Lainnya

Index