Harimau Masih Berkeliaran, Kampung Teluk Lanus Mencekam

Rabu, 14 Juli 2021 | 09:31:04 WIB
Foto: Dok Istimewa

Iniriau.com, SIAK - Harimau Sumatera kembali membuat resah sekaligus takut warga Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Betapa tidak, dalam satu tahun terakhir sudah tiga kali warga mendapat teror dari raja hutan ini. Kali ini si raja hutan menampakkan diri saat mau menyeberang parit dari hutan menuju pemukiman warga. Akibatnya tiga orang warga yaitu Fahmi, Leri, dan Panji yang melihat langsung binatang buas ini menjadi trauma.

"Mereka jumpanya saat harimau menyeberang parit dari hutan menuju pemukiman warga. Sampai saat ini, ketiga orang itu masih trauma," kata Penghulu Kampung (Kades) Teluk Lanus, Irwan Syahroni Selasa (13/6/2021).

Kemudian masih pada hari yang sama sekitar pukul 20.00 Wib, masyarakat juga mendengar auman  harimau tidak jauh dari pemukiman. Warga pun panik lantaran suara itu kedengarannya tidak jauh dari pemukiman.

"Perkiraan warga, suara itu hanya berjarak 200-an meter. Kan dekat itu. Tentu warga panik," kata dia.

Akibat kemunculan harimau tersebut,  suasana kampung  mencekam. Untuk itu Penghulu Kampung Teluk Lanus berharap agar BBKSDA Riau menangkap harimau yang berkeliaran di daerah itu.

"Ya, kita berharap pihak terkait mengevakuasi harimau itu ke hutan atau ke kebun binatang. Supaya warga kami tenang beraktifitas," kata dia.

Sepanjang tahun ini, sedikitnya sudah tiga kali harimau meneror warga Kampung Teluk Lanus. Bahkan, satwa dilindungi itu juga menerkam dan memangsa hewan ternak warga.

Pada April lalu harimau masuk ke pemukiman warga dan memangsa seekor ayam milik warga. Selanjutnya, pada 25 Juni lalu, ditemukan 2 ekor kambing mati akibat dimangsa hewan kucing besar tersebut.

"Ya, kita berharap pihak terkait mengevakuasi harimau itu ke hutan atau ke kebun binatang. Supaya warga kami tenang beraktifitas," tutup Syahroni.**

Terkini